Friday 10 May 2013

raja ampat - Tempat Wisata Bawah Laut Indonesia - MizTia Respect
Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat paruh burung pulau Papua. Kabupaten  Raja Ampat memiliki luas sekitar 881.953 km2 dengan luas daratan hanya sekitar 6.084,50 km2. Jumlah pulau yang berada dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Raja Ampat adalah lebih dari 610 pulau, dengan panjang wilayah garis pesisir pantai lebih dari 753 km.  Dari ratusan pulau yang tersebar di kabupaten Raja Ampat hanya 35 pulau saja yang didiami oleh penghuni lokal. (Raja Ampat dalam Angka, 2007). 
Kabupaten Raja Ampat terletak pada posisi 2º25’ LU – 4º25’ LS dan 130º –
132º55’ BT dan secara administratif memiliki batas sebagai berikut :
Sebelah Utara : Samudera Pasifik, berbatasan dengan wilayah Negara Palau
Sebelah Timur : Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.
Sebelah Selatan : Kabupaten Seram Utara, Provinsi Maluku.

Sebelah Barat : Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara. 
Keindahan bawah laut Raja Ampat ini sudah terkenal sampai keluar negeri. Bagi pecinta diving pasti mengenal kepulauan ini. Perjalanan ke Kepulauan Raja Ampat dari Jakarta memerlukan waktu 6 jam bila naik pesawat komersil. Disini sobat bisa menjumpai beberapa spesies endemik Raja Ampat yang tidak bisa sobat jumpai ditempat lain. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Raja_Ampat)
Wakatobi - Tempat Wisata Bawah Laut Indonesia - Miz Tia Respect
Wakatobi
Surga bawah laut tersebut dikenal dengan Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota Wakatobi adalah Wangi-Wangi. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Jadi, Wakatobi adalah singkatan nama dari keempat pulau utama tersebut.(MizTia Respect - indonesia.travel). Wakatobi merupakan gabungan dari 4 pulau terbesar di kawasan ini yaitu Pulau Wangi-Wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Keindahan bawah laut di kawasan ini sudah diakui oleh dunia dan dijadikan Taman Nasional oleh pemerintah Indonesia. Wakatobi terletak di Propinsi Sulawesi Tenggara. Dulunya Wakatobi bernama Kepulauan Tukang Besi. http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Wakatobi .Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki sekitar 40 lokasi penyelaman terbaik yang tersebar di wilayah perairan laut kabupaten yang berbatasan langsung dengan laut Banda itu yaitu Karang Mari Mabo, karena lokasi tersebut memiliki keindahan alam bawah laut yang benar-benar sangat menggiurkan para pencandu selam kelas dunia.
3. Tulamben


tulamben - Tempat Wisata Bawah Laut Indonesia - MizTia Respect
Kapal Karam Di Tulamben
Tulamben salah satu objek wisata di Bali, lokasi Karang, ikan, dan bangkai kapal (wreck) di Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali membuatnya jadi tempat menyelam yang disejajarkan dengan Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan Bunaken, Sulawesi Utara. Terletak sekitar 100km dari dari Bandara Ngurah Rai atau sekitar 3 jam perjalanan dengan mobil ke arah bagian Timur pulau Bali.
Tulamben terletak 82 km dari kota Denpasar, Bali. Tulamben memiliki keindahan bawah laut yang sangat bagus. Wisata di Tulamben menyaksikan panorama bawah laut seperti eksotisme ikan-ikan yang berenang itu dan warna-warni terumbu karang, tentu saja menarik untuk dilihat. Tujuan untuk wisata diving tujuan utamanya adalah bangkai kapal (wreck point).Kapal milik Amerika Serikat yang karam pada perang dunia kedua dan sekarang menjadi hunian ratusan spesies ikan di laut Tulamben Kita tinggal berenang lebih ke tengah dan amati baik-baik di bawah. Kita akan melihat buritan kapal yang tenggelam akibat ditembak terpedo milik Jepang pada perang dunia I tersebut. Bagian paling atas kapal ini hanya sedalam tiga meter dari permukaan. Kedalaman di tempat ini maksmimal 30 meter. Jika memang anda memang penghobby diving ataupun menyelam objek wisata Tulamben ini akan sangat sayang untuk lewatkan, tempat terdekat lainya yang juga bagus untuk diving dan dengan keindahan matahari terbitnya adalah pantai Amed.
bunaken - Tempat Wisata Bawah Laut Indonesia - MizTia Respect
Bunaken
Objek wisata di Sulawesi Utara ini memang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya sehingga perlu dijaga kelestariannya. Bunaken terletak 75 mil laut dari pantai Manado. Taman Nasional Bunaken dapat dicapai melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari Pelabuhan Manado dengan menggunakan perahu motor menuju pulau Siladen dapat ditempuh + 20 menit, pulau Bunaken + 30 menit, pulau Montehage + 50 menit dan pulau Nain +60 menit. Dari Blue Banter Marina dengan menggunakan kapal pesiar yang tersedia menuju daerah wisata di pulau Bunaken dapat ditempuh dalam waktu 10-15 menit, sedangkan dari pelabuhan NDC menuju lokasi penyelaman di pulau Bunaken dengan menggunakan speed boat ditempuh dalam waktu + 20 menit.. Selain Raja Ampat, Indonesia juga memiliki spot menyelam terbaik lainnya yaitu di Taman Nasional Bunaken. Lokasi Bunaken terletak di Provinsi Sulawesi Utara dan bisa ditempuh selama 35 menit dari Manado menggunakan perahu motor.
Keindahan terumbu karang dan biota laut Bunaken mengundang para pecinta diving untuk mengunjungi tempat ini. Taman Nasional Bunaken merupakan Situs Warisan Dunia setelah didaftarkan oleh pemerintah pada tahun 2005. Taman Nasional ini juga merupakan situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO.
Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir.
Pada bagian Utara terdiri dari pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Montehage, pulau Siladen, pulau Nain, pulau Nain Kecil, dan sebagian wilayah pesisir Tanjung Pisok. Sedangkan pada bagian Selatan meliputi sebagian pesisir Tanjung Kelapa. http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Bunaken


5. Nusa Penida Dan Nusa Lembongan
Tempat Wisata Bawah Laut Indonesia - MizTia Respect
Wisata Laut Indonesia
Bali tidak hanya punya Kuta, Kintamani, Ubud, Uluwatu, Sanur, Nusa Dua, atau Tanah Lot. Masih ada Nusa Lembongan, pulau kecil dan gersang di tenggara Pulau Bali, yang menyuguhkan obyek wisata bahari yang berair sebiru batu safir, suasana kepulauan yang sunyi dan masih 'perawan' dibanding Bali yang hiruk-pikuk, dijejali banyak turis, dan banyak polesan demi kepentingan industri pariwisata.
Nusa Penida dan Nusa Lembongan adalah dua pulau yang terletak di sebelah tenggara pulau Bali. Dua Pulau ini terkenal akan spot diving-nya.
Untuk sampai ke sini, wisatawan dapat menggunakan perahu motor dari Pantai Sanur sekitar 2 jam berlayar menuju Jungutbatu di Nusa Lembongan. Alternatif lain yaitu dari Pelabuhan Benoa sekitar 1,5 jam perjalanan. Dari Pelabuhan Benoa menuju kawasan wisata Nusa Lembongan yang kini menjadi andalan Bali itu, ada dua kapal pesiar yang siap mengantar yaitu Bounty Cruises dan Bali Hai Cruises yang berangkat dari Ponton.
Selanjutnya untuk menjelajah Pulau Nusa Lembongan melalui perjalanan darat sudah bisa digunakan fasilitas mobil. Fasilitas transportasi darat di pulau tersebut sudah bisa dikatakan cukup baik karena jalannya sudah diaspal. Selama perjalanan menyusuri Pulau Nusa Lembongan, Anda dapat melihat rumah-rumah penduduk setempat dan tempat balai pertemuan di pulau ini. Tidak jarang pula ada wisatawan mancanegara yang mengendarai sepeda motor untuk menjelajahi pulau ini. Anda dapat menyewa sepeda motor maupun sepeda di Jungkutbatu untuk perjalanan mengelilingi dan menyelusuri Pulau Nusa Lembongan.

6. Kepulauan Seribu

pulau seribu - Tempat Wisata Bawah Laut Indonesia - MizTia Respect
Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu terletak 45 km utara kota Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau karang yang pulau-pulaunya memiliki ketinggian kurang dari 3 meter dpl. Disamping keindahan bawah lautnya, di kepulauan Seribu terkenal dengan tempat penangkaran penyu. Penangkaran penyu di kepulauan Seribu terletak di Pulau Pramuka.

Copyright MizTia Respect. Source: http://miztia-respect.blogspot.com/2013/03/tempat-wisata-bawah-laut-indonesia.html#ixzz2SsTPoSk6

No comments:

Post a Comment